MAKALAH
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER (IMK)
D A N
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER (IMK)
D A N
KOMUNIKASI DATA
O
L
E
H
SYAMSUL HIDAYAT
TI 081 042
UNIVERSITAS CORDOVA
FAKULTAS TEKNIK
Bidang Study Teknik Informatika
TALIWANG SUMBAWA BARAT INDONESIA
Tahun : 2009/1430
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT sang penguasa jagad raya,
yang selalu memberikan kita nikmat kesehatan jasmani dan rohani,
sehingga sampai saat ini kita masih bisa bernafas, berjalan, berbicara,
melangkahkan kaki kita dalam mencari ilmu serta ridho-Nya.
Sholawat
serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda Nabi besar kita
Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kekafiran menuju alam
keislaman, dari alam kegelapan menuju alam yang terang-benderang.
Sebagaimana
yang kita ketahui, bahwa perkembangan mesin komputer dari generasi
pertama (1946-1959) hingga saat ini memiliki peningkatan yang sangat
tinggi. Sebab fakta membuktikan, berbagai macam penawaran perangkat
keras (hardware) di pasaran sudah merajalela, mulai dari ukuran mini
sampai dengan ukuran mikro. Begitupun dengan perkembangan perangkat
lunak (software). Itu artinya perkembangan teknologi komputer terus
meningkat dari periode ke periode. Namun, itu semua tidak akan lepas
dari campur tangan seorang manusia, sebab mesin tersebut secara teknis
tidak akan bisa beroperasi dengan sendirinya tanpa dikendalikan oleh
manusia itu sendiri.
Oleh
karena itu, makalah ini penulis hadirkan untuk sedikit mengulas tentang
adanya suatu ikatan antara seorang manusia dengan mesin. Mulai dari
interaksi seorang manusia itu sendiri terhadap mesin maupun interaksi
mesin terhadap manusia. Dan juga sedikit memberikan wawasan terhadap
teman-teman yang ada di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro, Bidang
Study Teknik Informatika. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin…
Penulis ucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Rahmat
Aminullah, S.T yang telah memberikan saya kesempatan untuk bisa
berkarya dan berkreasi guna meningkatkan pemahaman saya khususnya di
mata kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer (IMK). Dan juga kepada
teman-teman yang telah memberikan dukungan moriil dan semangat demi
tersusunnya makalah ini. Semoga Allah membalas semua amal dan kebaikan
kita. Amin…
Taliwang, Pebruari 2009
Penulis
PENDAHULUAN
Berbicara
tentang Interaksi Manusia Dan Komputer atau secara umum seputar dunia
komputer, sepertinya kita harus membutuhkan pengalaman serta pengetahuan
yang banyak tentang komputer, karena ilmu komputer sangat luas. Tanpa
pengalaman dan pengetahuan luas kita tidak akan bisa menuangkannya dalam
bentuk tulisan seperti ini, atau sekedar bicara saja kita tidak akan
mampu. Tidak mungkin seorang pedagang pelopo’ di
Taliwang bisa berbicara tentang komputer, sebab mereka tidak memiliki
pengetahuan seputar dunia komputer. Ataupun sebaliknya, bisa saja
seorang pedagang pelopo’ tersebut mampu berbicara
tentang komputer karena memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas
tentang komputer. Oleh karena itu untuk membicarakan sebuah interaksi
antara manusia dan komputer, kita tidak perlu menjadi seorang dosen
komputer atau guru less komputer, cukup dengan pengalaman dan
pengetahuan yang luas kita sudah bisa menciptakan suatu karya tentang
komputer.
Untuk
itu, pada kesempatan ini penulis berusaha mengulas dan menjelaskan apa
yang telah penulis dapatkan selama delapan pertemuan pada mata kuliah
Interaksi Manusia dan Komputer serta pengalaman dan potensi yang penulis
miliki. Dan sepertinya ini adalah tantangan yang sangat besar bagi
penulis sendiri, sebab jujur penulis pribadi belum bisa menguasai materi
yang telah diberikan oleh dosen.
Semoga Allah memudahkan penulis dalam penyusunan makalah ini. Amin Ya Robbal ‘Alamin…
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
A. Pengenalan
Sebagaimana
yang kita ketahui bahwa komputer terdiri dari tiga aspek utama, yaitu
perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), pengguna
(Brainware). Dari ketiga aspek tersebut tentunya tidak akan bisa kita
pisahkan, sebab komputer tidak akan bisa di operasikan jika salah satu
diantara ketiga aspek tersebut tidak ada. Bagaikan sebuah kendaraan,
jika tidak ada driver atau sopirnya tentu kendaraan tersebut tidak akan
bisa berjalan dengan sendirinya, begitu pula dengan komputer jika tidak
ada pengguna (User) maka secara teknis komputer tersebut tidak akan bisa
beroperasi dengan sendirinya.
Interaksi manusia dan komputer atau dalam bahasa Inggrisnya Human-Computer Interaction dan biasa disingkat dengan HCI adalah ilmu
yang mengkaji tentang komunikasi atau interaksi di antara pengguna
dengan sistem. Sistem yang dimaksudkan di sini tidak hanya kepada
sistem-sistem yang ada di komputer saja, tetapi produk-produk apa saja
yang digunakan oleh pengguna (User) seperti kendaraan, peralatan kantor,
peralatan pejabat, peralatan rumah dan sebagainya. Peranan utama Human Computer Interaction HCI adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang serba guna (usable), selamat, nyaman, berkesan dan efektif.
Komputer
melibatkan tiga komponen yaitu Pengguna, Interaksi dan Sistem yang ada
di komputer itu sendiri. Jadi yang menjadi sasaran utama pada IMK atau
HCI adalah terciptanya suatu keramahan terhadap pengguna (user
friendly). Maka dengan adanya suatu interaksi yang nyaman antara
pengguna dan sistem, berarti sistem komputer tersebut telah mampu
menciptakan suatu keramahan, mudah digunakan, memberikan kepuasan kepada
pengguna, enak dipelajari dan masih banyak manfaat yang lainnya.
B. Antar Muka Manusia – Komputer
Salah
satu kajian terpenting dalam bidang IMK atau HCI adalah antarmuka
pengguna. Antarmuka pengguna merupakan bagian sistem yang akan
dikendalikan oleh pengguna, untuk mencapai dan melaksanakan
fungsi-fungsi suatu sistem. Ia juga dianggap sebagai jumlah keseluruhan
keputusan reka bentuk. Antarmuka juga secara tidak langsung, menunjukkan
kepada pengguna tentang bagaimana fungsi sistem. Dengan kata lain,
antarmuka bagi suatu sistem menggabungkan elemen-elemen daripada sistem,
elemen-elemen daripada pengguna dan juga kaedah komunikasi atau
interaksi di antara kedua-duanya. Pengguna hanya boleh berinteraksi
dengan produk tersebut melalui antarmuka pengguna.
Seperti yang kita ketahui bahwa prinsip kerja pada sebuah sistem komputer yaitu masukan, proses, dan keluaran.
Ø Input Unit/Masukan: Yaitu bagian yang menerima dan memasukkan data dan instruksi.
Ø CPU/Proses: Yaitu bagian yang melaksanakan dan mengatur intsruksi, termasuk menghitung dan membandingkan.
Ø Memory: Yaitu bagian yang berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi.
Ø Output Unit/Keluaran: Yaitu bagian yang berfungsi mengeluarkan hasil proses.
Ketika
kita bekerja pada sebuah sistem komputer, secara tidak sadar bahwa kita
sedang berinteraksi dengan komputer tersebut. Begitu pun dengan
komputer itu sendiri juga melakukan interaksi terhadap kita. Tetapi
komputer baru akan berinteraksi ketika kita memberikan instruksi atau
memasukkan data terhadap komputer tersebut. Dan sebaliknya komputer
tidak akan berinteraksi jika kita tidak memberikan instruksi atau
memasukkan data.
Nah,
ketika komputer melakukan sebuah interaksi, kita tidak tahu bagaimana
komputer tersebut mengubah data atau instruksi yang kita masukkan,
karena pada hakekatnya mesin pada komputer hanya mengenal dua angka atau
bilangan yaitu nol dan satu. Namun ada beberapa
bahasa yang digunakan oleh para programmer untuk memudahkan mereka dalam
membuat aplikasi, misalnya bahasa C, C++, Fortran, Pascal, Cobol,
Basic, Algol dan masih banyak bahasa yang lainnya. Proses pengubahan
data pada mesin komputer ini penulis tidak akan jelaskan, karena akan
dibahas pada mata kuliah yang lain, dan kebetulan
penulis sendiri belum terlalu mengerti. Jadi, daripada setengah-setengah
penulis tidak perlu jelaskan.
Jadi,
dengan adanya pengeluaran atau output tadi kita akan baru tahu bahwa
komputer yang kita operasikan telah melakukan interaksi terhadap kita.
Interaksi yang dilakukan oleh komputer dapat berupa tampilan pada layar
monitor, suara, dan lain sebagainya.
C. Faktor Manusia
Menurut
pengetahuan penulis, faktor manusia hanya meliputi tiga aspek. Namun
penulis yakin bahwa faktor manusia lebih dari tiga aspek atau bahkan
mungkin kurang dari tiga aspek. Nah, Ketiga aspek yang penulis tahu itu
adalah sebagai berikut :
1. Aspek Penglihatan
Aspek
penglihatan pada manusia tentu kaitannya dengan mata, dimana mata
sendiri memiliki fungsi yang sangat penting pada seorang manusia yaitu
untuk melihat. Mungkin tanpa mata kita akan terasa sulit menikmati
keindahan alam yang telah di anugerahkan oleh Yang Maha Kuasa. Sebab
menurut buku yang penulis baca, beberapa ahli mengatakan bahwa fungsi
utama mata manusia digunakan untuk menghasilkan persepsi yang
terorganizir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi, tekstur, warna
yang mana semua itu merupakan obyek tiga dimensi. Jadi, dalam dunia
nyata mata manusia selalu digunakan untuk melihat obyek tiga dimensi.
Sedangkan
pada komputer, yang mana komputer sendiri menggunakan layar dua
dimensi, mata kita dituntut untuk bisa membaca obyek yang ada pada
tampilan monitor yang sebenarnya berupa obyek dua dimensi.
Selain
itu, cahaya yang dihasilkan oleh layar monitor juga sangat berpengaruh
terhadap penglihatan kita. Mungkin ketika kita akan bekerja pada sebuah
program komputer, ada baiknya terlebih dahulu kita mengatur kontras atau
jumlah cahaya yang dihasilkan oleh monitor. Supaya tercipta suatu
kenyamanan pada saat kita bekerja. Sebab mata atau penglihatan manusia
berbeda-beda, ada yang suka dengan yang cerah-cerah, dan juga ada yang
suka dengan yang gelap-gelap. Kesemua perbedaan tersebut sudah diatur
dan disediakan pada menu yang ada pada monitor. Misalkan anda menyukai
yang gelap-gelap, anda cukup menekan menu pada monitor, lalu pilih Brightness kemudian tambahkan atau kurangkan. Atau misalkan anda menyukai yang cerah-cerah seperti pada instruksi sebelumnya anda cukup menekan tombol menu, lalu pilih Kontras, kemudian anda tinggal menambah atau menguranginya.
2. Aspek Pendengaran
Aspek
pendengaran tentu kaitannya dengan suara dan telinga kita. Telinga
merupakan panca indra yang sangat penting setelah mata ketika bekerja
kita pada sebuah mesin komputer, yang walaupun sekarang ini masih banyak
aplikasi yang belum menggunakan media pendengaran. Namun seiring dengan
perkembangan zaman, perkembangan teknologi juga akan terus berkembang
dengan pesat.
Seperti
yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aspek pendengaran berkaitan
dengan suara. Suara yang dimaksud disini yaitu suara yang dihasilkan
dari komputer itu sendiri. Suara yang dihasilkan oleh komputer dapat
melalui speaker, yang mana speaker ini juga sekaligus berfungsi sebagai
alat output, yaitu alat pengeluaran suara.
3. Aspek Sentuhan
Aspek
sentuhan tentu kaitannya dengan tangan kita. Sebab manusia menggunakan
tangan mereka untuk memegang atau menyentuh suatu benda. Tapi itu bagi
kita yang tidak meiliki cacat tangan, nah bagaimakah bagi orang-orang yang
memiliki cacat tangan? Itu tergantung pada diri mereka sendiri yang
memiliki cacat pada tangan. Ada yang memakai kaki, mulut dan lain
sebagainya. Nah beruntung bagi kita yang memiliki tangan yang sempurna,
kita dapat menyentuh apapun yang kita mau. Oleh karena itu kita harus
mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.
Nah,
bagaimanakah aspek sentuhan pada komputer? Biasanya pada komputer aspek
sentuhan digunakan pada penggunaan papan ketik yaitu tombol-tombol dan
juga mouse.
Tombol-tombol
pada papan ketik barangkali akan terasa nyaman apabila menimbulkan
sensasi-sensasi sentuhan terhadap jari-jemari kita. Biasanya ini
tergantung kualitas yang dimiliki oleh papan ketik itu sendiri. Ada yang
sedikit saja kita tekan sudah menampilkan karakter yang kita inginkan,
dan ada juga yang harus kita tekan dengan kuat sekali baru akan
menampilkan karakter yang kita inginkan. Selain itu, posisi-posisi
tombol yang ada pada papan ketik juga akan berpengaruh pada kenyamanan
kerja kita. Sebab posisi tombol yang dimiliki oleh papan ketik bukan
hanya satu posisi atau tata letak. Ada yang tata letaknya seperti Dvorak, Alphabetik, Qwerti, Klockenberg, dan lain sebagainya.
Kemudian sentuhan pada mouse barangkali
juga akan terasa nyaman seperti menyentuh tombol pada papan ketik,
yaitu apabila kita merasakan sensasi-sensasi sentuhan. Sebab setiap mouse juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang sedikit saja kita gerakkan, pointernya sudah
melakukan perpindahan, dan juga sebaliknya ada yang harus kita gerakkan
berkali-kali baru dia berinteraksi. Kemudian bagi anda yang mungkin
memiliki kebiasaan memakai tangan kiri atau kidal sepertinya juga akan
berpengaruh ketika anda memegang atau mengendalikan mouse. Tapi anda tidak perlu khawatir, anda cukup memindahkan mouse kesebelah kiri monitor. Sebab kebanyakan kita meletakkan mouse sebelah kanan monitor. Selalin itu juga anda dapat merubah fungsi tombol pada mouse. Cukup dengan membuka My Computer, pilih Control Panel, kemudian pilih mouse, nah anda tinggal memilih atau merubah fungsi tombol mouse.
D. Faktor Ergonomi
Faktor
ergonomi atau faktor kenyamanan kerja secara umum kaitannya dengan
keadaan lingkungan sekitar kita. Baik dari segi pencahayaan, kualitas
udara sekitar tempat kita bekerja, gangguan suara atau bising, dan
termasuk kesehatan badan kita juga sangat berpengaruh terhadap proses
kerja kita pada sebuah sistem komputer.
Bagi
anda yang memang bekerja pada sebuah ruangan dan harus duduk terpaku
pada ruangan tersebut, ditambah lagi dengan keadaan lingkungan
sekitarnya tidak mendukung, misalnya ruangan yang anda tempati itu
disamping rel Kereta Api, atau mungkin disamping sebuah pabrik padi,
tentu dengan keadaan lingkungan seperti ini anda akan terasa sulit
menemukan kenyamanan kerja. Karena lingkungan tempat anda bekerja itu
menimbulkan suara yang keras dan tidak enak untuk didengar, yaitu ketika
rel Kereta Api melintas atau mesin pabrik yang terus menyala. Dan tidak
mungkin anda bisa menghindarinya. Karena memang anda mau tidak mau
harus duduk pada ruangan tempat anda bekerja.
Tapi
itu dari segi gangguan suara. Contoh yang lain misalnya dari segi
pencahayaan. Bagi anda yang memiliki komputer pribadi dan memang anda
menempatkannya didalam kamar anda sendiri, anda seringkali
menempatkannya di depan jendela dengan alasan agar ketika anda bekerja
anda bisa langsung menikmati pemandangan samping rumah anda tanpa harus
keluar dulu untuk melihatnya. Sebaiknya posisi seperti ini anda hindari.
Sebab ketika anda membuka jendela, jumlah cahaya yang langsung masuk
kekamar anda dan otomatis mengenai komputer anda tidak terhitung
jumlahnya. Nah, pada saat cahaya mengenai komputer anda, ini ada
pengaruhnya pada perangkat-perangkat keras
komputer anda. Misalkan salahsatu perangkat keras komputer anda tidak
tahan dengan cahaya, tapi justru anda membiarkannya, ini akan berakibat
fatal pada perangkat keras tersebut. Belum lagi apabila hujan turun
pasti akan langsung mengenai komputer anda.
Suhu
udara yang ada didalam kamar anda juga ada pengaruhnya pada
perangkat-perangkat keras komputer anda. Tapi bagi anda yang mempunyai
kamar ber-AC, maka anda akan muda mengatur suhu yang ada didalam kamar
anda.
Inti
daripada faktor ergonomi adalah adanya pengaruh lingkungan yang harus
kita hindari dan harus kita sesuaikan dengan karakteristik pola kerja
kita. Agar tercipta kenyamanan kerja yang sempurna dan tentunya tidak
membuat kita bosan dalam berinteraksi dengan komputer.
KOMUNIKASI DATA
Dalam jaringan komputer, komunikasi antar-komputer terjadi pada saat salah satu komputer mengirim data atau file kepada
komputer lainnya. Untuk itu diperlukan media komunikasi. Data yang
dikirimkan diubah menjadi gelombang-gelombang sinyal yang dapat
ditransfer melalui media transmisi. Di sisi penerima, energi yang
diambil dari media transmisi diubah kembali menjadi data yang dapat
dibaca oleh komputer penerima. Mekanisme ini disebut sebagai komunikasi
data.
Data yang dikirim berupa file digital. Agar data yang berupa sinyal 0 dan 1
tersebut
dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain dalam jaringan,
maka bilangan-bilangan tersebut harus diubah menjadi sinyal-sinyal
transmisi. Pengubah data komputer menjadi sinyal-sinyal transmisi
dinamakan transmitter, sedangkan pengubah sinyal-sinyal transmisi menjadi data digital disebut receiver. Transmitter biasanya bekerja secara simultan bersama receiver. Transmitter maupun Receiver yang umum dipakai di antaranya adalah Modulator-Demodulator (Modem) dan Network Interface Card (NIC) atau yang populer disebut sebagai ethernet-card atau LAN-Card. Media transmisi dapat berupa kabel yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik, serta media wireless yang mengubah sinyal digital menjadi gelombang frekuensi.
Selain
itu di dalam komunikasi data terdapat pula perangkat tambahan yang
berfungsi untuk menyebarkan akses jaringan komputer dari media transmisi
ke seluruh node, perangkat ini disebut sebagai konsentrator.
A. Perangkat-Perangkat Jaringan Komunikasi Pada Komputer
1. Konsentrator
Perangkat ini merupakan tulang punggung (backbone) utama suatu jaringan komputer yang banyak digunakan saat ini, khususnya bila topologi yang digunakan adalah star. Sesuai namanya, konsentrator digunakan untuk memusatkan akses seluruh node baik berupa client (PC, laptop, PDA UMPC dsb), gateway-router maupun server yang terhubung ke jaringan. Pada jaringan komputer dengan media kabel, konsentrator yang digunakan berupa Hub maupun Switch. Sedangkan pada jaringan nirkabel, konsentrator yang digunakan berupa Wireless Access Point (WAP).
2. Hub
Secara sederhana, Hub merupakan konsentrator yang bersifat statis dan membagi akses jaringan secara merata kepada seluruh node yang terhubung, tanpa mempedulikan apakah node tersebut aktif atau tidak.
3. Switch
Secara fisik, nyaris tidak ada perbedaan bentuk yang signifikan antara Hub dengan Switch. Namun switch memiliki keunggulan yang menyebabkan para administrator jaringan memilih untuk meninggalkan hub, meskipun harga switch saat ini masih sedikit lebih mahal. Switch mampu membagi akses jaringan hanya kepada node yang aktif, sehingga bila node yang aktif sedikit, akses jaringan lebih cepat.
4. Wireless Access Point (WAP)
WAP merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel (wireless)
untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun
standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari koneksi
jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang
disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah
penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot.
5. Transmitter / Receiver
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, transmitter dan receiver bekerja
secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam
perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun
WLAN-adaptor.
6. Local Area Network (LAN) - card
Pada
jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui
media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati
sebuah LAN-card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card.
Pada komputer, LAN-card biasa dipasang pada salah satu slot ekspansi
(PCI atau ISA) pada motherboard komputer. Pada NIC terdapat konektor
yang berfungsi untuk memasang kabel komunikasi yang terhubung dalam
jaringan.
7. Modulator – Demodulator (Modem)
Modem berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal-sinyal data pada komputer yang terhubung pada jaringan luas secara langsung (direct connection). Terdapat beberapa mekanisme yang saat ini banyak digunakan, yaitu dial-up dan Asynchronous Digital Subscribe Line (ADSL). Selain itu juga terdapat modem yang mendukung layanan bergerak (mobile) maupun seluler dengan teknologi General Package Radio System (GPRS) pada layanan GSM maupun layanan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA).
8. Wireless LAN (WLAN) – Adaptor
Dengan
semakin pesatnya perkembangan teknologi sambungan nirkabel, perangkat
WLAN-adaptor semakin banyak ditemui, Perangkat inilah yang memungkinkan
pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di suatu area yang
biasa disebut “Hot Spot”. Pada perangkat-perangkat mobile terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone, maupun Ultra-Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN-adaptor merupakan perangkat wajib yang biasanya sudah terintegrasi.
KESIMPULAN, SARAN, DAN PENUTUP
A. Kesimpulan
Adapun
kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan diatas yaitu bagaimana
agar tercipta suatu interaksi dan kenyamanan kerja antara manusia dan
komputer. Sebab, pada umumnya setiap orang pasti menginginkan kenyamanan
pada saat mereka melakukan aktivitas. Begitupun dengan komputer yang
nota bene adalah sebuah mesin yang dikendalikan oleh manusia, juga
memerlukan kenyamanan, namun kenyamanan yang dirasakannya tidak bisa
dirasakan oleh manusia. Tapi, secara teknis kenyamanan yang dirasakan
oleh komputer dapat kita lihat dari output atau pengeluaran yang
dihasilkannya. Apabila sebuah karakter kita
masukkan dengan aturan yang dimilikinya kemudian ditampilkannya, maka
sesungguhnya dia telah melakukan suatu interaksi dan kenyamanan terhadap
kita, maka inilah yang dinamakan adanya suatu interaksi serta
kenyamanan antara manusia dan komputer.
B. S a r a n
Adapun
saran yang dapat penulis sampaikan kepada kita semua yaitu agar selalu
mencari tahu apa yang belum kita tahu. Dengan kata lain mencari ilmu
sebagai bekal dimasa depan. Sebab Allah akan meninggikan derajat
orang-orang yang berilmu, dan semoga kita termasuk didalamnya. Amin…
C. Penutup
Akhir
kata penulis hanya bisa bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan makalah
ini. Penulis juga minta maaf kepada semua pihak atas kekurangan dalam
penyusunan makalah ini, karena bagi penulis sendiri membicarakan sesuatu
yang belum terlalu kita pahami adalah hal yang sangat nekat dan
memaksakan diri. Untuk itu penulis harapkan kritikan dan saran dari
semua pihak.
Untuk yang terakhir kalinya penulis hanya bisa berdo’a, agar amal kebaikan kita diterima oleh Allah SWT. Amin…
Jazakumullah Khairan Katsiran
Wassalam
Penulis
DAFTAR PUSTAKA
1. Setiawan. Agus, Pengantar Sistem Komputer, Informatika, Bandung, Desember 2005.
2. Santosa. Insap. Ir, M.Sc, Interaksi Manusia Dan Komputer, Andi Yogyakarta, Yogyakarta, Oktober 1997.
3. zaki@mail.ugm.ac.id – http://zaki.web.ugm.ac.id
sumber : http://syamsulelhasan.blogspot.com/2009/04/kata-pengantar-puji-syukur-kita.html
terima kasih infonya sangat bermanfaat :)
BalasHapusMy blog