20 Mar 2014

Pengertian Singkat Algoritma Google Terbaru

 Pengertian Singkat Algoritma Google Terbaru

algoritma google

Google  Panda

Google Panda adalah sebuah algoritma yang diterbitkan oleh google pada bulan februari 2011 yang mana tujuan utamanya adalah perubahan ranking dalam hasil pencarian untuk situs-situs berkualitas rendah. Situs dengan kualitas yang baik akan menempati posisi atas hasil pencarian, sedangkan situs dengan kualitas yang rendah akan turun peringkat.

Saat google panda diterbitkan, terjadi perubahan drastis dalam hasil pencarian google sebesar kurang lebih 12%. Lonjakan terjadi pada situs berita dan jejaring sosial, dan penurunan besar terjadi pada situs dengan iklan yang banyak (berat).

Cara Kerja Google Panda

Algoritma google panda dibangun melalui update algoritma yang menggunakan kecerdasan buatan dengan cara yang lebih canggih, terukur, dan lebih baik dari sebelumnya.

Google panda merating ribuan situs berdasarkan kualitas, termasuk desain, jaminan mutu, kecepatan.

Google panda menilai sebuah situs berdasarkan dua faktor berikut :

1. Bounce Rate

Ada dua jenis pengunjung situs, ada yang terus membaca konten dan ada pula yang langsung meninggalkan situs karena tidak menemukan apa yang sebenarnya dicarinya. Ya, kualitas konten. Jika konten suatu situs memang berkualitas, tentunya pengunjung akan setia membaca.
Hal inilah yang dinilai oleh google panda. Jika ada banyak pengunjung yang langsung kabur dari sebuah blog, sebaiknya perbaikilah kontennya atau desainnya. Mengapa desain? Biasanya hal ini juga dipengaruhi oleh cepat-lambatnya loading sebuah situs dikarenakan widget yang terlalu banyak dan memberatkan blog.

2. Time on site

Berapa lama pengunjung singgah di blog? Semakin lama semakin baik dimata google panda.
Penilaian google panda, jika pengunjung bertahan lama dalam sebuah blog, menandakan bahwa konten blog tersebut berkualitas. Apalagi jika membaca lebih dari satu artikel.

Situs yang tidak memenuhi persyaratan dari google panda akan terkena penalty. Berupa penurunan peringkat dalam hasil pencarian.

Google Pinguin

Google pinguin diumumkan pertama kali pada bulan april 2012. Tujuannya untuk mengatasi situs yang melanggar panduan webmaster seperti contoh kata kunci isian dan duplikat konten.

Google pinguin diperkirakan membuat sebesar 3,1% perubahan dalam hasil pencarian berbahasa inggris.
Google pinguin update bulan mei berfungsi memeriksa spammer dan over-optimazion. Blog yang melakukan spammer dan over optimazion mendapatkan sanksi downgrade (penurunan peringkat dalam hasil pencarian).

Google Hummingbird

Goole Hummingbird diterbitkan pada agustus 2013 lalu. Tujuannya? Memeriksa setiap kata dalam konten dan memastikan permintaan (kalimat) diperhitungkan, bukan hanya kata kuncinya saja.
Sesuai namanya, hummingbird (Indonesia : burung kalibri) bekerja dengan cepat dan tepat.

Google Dinosaurus

Dan yang paling anyar tentu saja goolge dinosaurus. Yang tanpa pikir panjang memberikan sanksi yang sangat berat terhadap blog yang melakuan kecurangan. Artikel tidak berkualitas (copas), auto generate backlink, serta black hat seo merupakan sasaran empuk dari google dinosaurus ini.

Tanggapan saya

Dalam beberapa artikel pertama yang saya tulis berdasarkan pengalaman dari maestro blog dan seo, selalu membahas mengenai kualitas. Dan kini saya baru memahami maksud dari mereka, blog yang berkualitas akan dicari dan tidak akan ditinggalkan oleh pengunjung setianya. Teknik-teknik kecurangan sudah terbaca oleh google dan ada beberapa yang sudah merasakan dampaknya.
Apakah anda takut? Tentu saja tidak jika memang blog saudara memiliki konten yang berkualitas yang  memberikan pengalaman baru bagi pengunjung. Mungkin dengan bermain aman akan membutuhkan waktu yang lama bagi blog untuk mendapatkan PR yang tinggi, namun menurut saya, itulah blog. Blog bukan jalan untuk sukses hanya dengan sekejap mata. Itulah pendapat saya, mungkin berbeda dengan pendapat saudara namun perbedaan adalah berkah agar kita bisa saling memahami.
Terima kasih atas kunjungannya.

1 komentar:

  1. Makasih Artikel nya gan,, Sangat Bermanfaat buat pemula seperti saya hehe :D

    .
    .

    .

    Ditunggu Kunjungan Baliknya ya gan ;) Ke : BLOG TAUFIQ RAHMAN


    Atau Ke : www.rahman371.wordpress.com


    :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar

Terima kasih atas kunjungan Anda

Saya Bukan blogger sukses dan bukan ahli SEO.
Saya sedang meneliti dan mencoba berbagi tips, trik, dan cara tentang seo dan blog dan yang berhubungan dengan hal tersebut.
Jika ada kesalahan informasi dalam konten, mohon sampaikan agar secepatnya saya perbaiki.
Beberapa artikel mengenai makalah, laporan, pascal merupakan curhatan dari tugas kuliah saya dahulu.
Copyright 2014, Rezkyjoe. Designed By Seo Blogger Templates