3 Apr 2014

Cara Memaksimalkan Map Template Blog

Cara Memaksimalkan Map Template Blog


Saya bingung dalam pemilihan judul untuk artikel singkat ini, saya tidak menemukan judul yang tepat.
Intinya disini, saya mengajak pembaca untuk memaksimalkan halaman utama / home pada blog. Mengapa di halaman utama? Silahkan terus membaca.

Halaman utama pada blogspot biasanya menampilkan postingan terbaru atau feed. Tampilan halaman utama ini biasanya diperlihatkan kepada pengunjung setia blog yang ingin melihat perkembangan dari blog langganannya. Itulah mengapa pentingnya kualitas konten untuk mempertahankan pengunjung setia. Buatlah desain template halaman utama senyaman mungkin juga untuk mempertahankan pengunjung.

Bagaimana dengan pengunjung baru? Pengunjung baru sebagian besar didapatkan melalui search engine. Saat pengunjung mengetikkan kata kunci pada search engine lalu mengunjungi blog, yang ditampilkan bukanlah halaman utama melainkan artikelnya. Lalu bagaimana triknya? Maksimalkan widget.

Widget bukan hanya sekedar tampilan, namun semestinya sesuatu yang penting. Jika blog hanya sekedar hobi atau untuk mengeluarkan isi hati, mungkin bisa saja menggunakan widget mempercantik tampilan, namun jika untuk blogging for money usahakan menggunakan widget map dan trafik. Kebanyakan blogger menggunakan widget map seperti popular post, feed, dan arsip. Menggunakan 3 widget dengan tujuan yang sama, sama halnya memboroskan tempat pada template. Bagaimana jika hanya dengan menggunakan widget sitemap? bukankah sudah mencakup ketiganya?

Maksud saya, saat pengunjung baru melihat artikel, sangat sedikit yang bersedia mengklik halaman home atau halaman utama. Mata pengunjung hanya mengarah ke widget yang berada di sidebar. Simpan sitemap anda di sidebar blog.

Penggunaan arsip bukannya tidak baik menurut saya, namun rasanya kurang tepat. Mengapa? arsip membagi konten kedalam beberapa bagian apakah itu minggu atau bulan. Butuh beberapa klik untuk melihat semua artikel. Jika pada klik pertama, pengunjung merasa tidak menemukan konten yang menarik, kecil kemungkinan untuk melakukan klik lagi pada arsip. Berbeda dengan sitemap scroll, pengunjung akan sangat nyaman melihat konten-konten yang ada pada blog.

Cara membuat sitemap di sidebar blog

Ada beberapa widget seperti teks berputar pada arah panah mouse, ini sangat mengganggu pemandangan. Pada awalnya untuk mempercantik malahan membuat ogah pengunjung. Arah panah mouse biasanya diarahkan ke teks yang akan dibaca, namun ada teks berputar yang mengganggu penglihatan. Sebaiknya jangan digunakan pada blogging for money.

Widget trafik juga perlu untuk mempertahankan pengunjung seperti facebook like dan follow twitter.
Bagaimana dengan widget anda?

Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Terima kasih atas kunjungan Anda

Saya Bukan blogger sukses dan bukan ahli SEO.
Saya sedang meneliti dan mencoba berbagi tips, trik, dan cara tentang seo dan blog dan yang berhubungan dengan hal tersebut.
Jika ada kesalahan informasi dalam konten, mohon sampaikan agar secepatnya saya perbaiki.
Beberapa artikel mengenai makalah, laporan, pascal merupakan curhatan dari tugas kuliah saya dahulu.
Copyright 2014, Rezkyjoe. Designed By Seo Blogger Templates