6 Feb 2013

Contoh Laporan PKL BAB 2



BAB  II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1.      Gambaran Umum Lokasi  Magang (PKL)
            Kendari IT Center merupakan salah satu toko yang bergerak di bidang perniagaan komputer dan gadget. Kendari IT Center ini merupakan cabang dari Merkurius Computer Network, yang dikenal dengan nama MCN, berlokasi di
Kota Makassar. Kendari IT Center berdiri pada tanggal 28 Juli 2012 yang berlokasi di Jalan Bunga Seroja B4, yang dipimpin oleh Bapak Sudarmin Archan.
Selain itu, Kendari IT Center juga merupakan toko yang menyediakan alat-alat jaringan (networking) dan juga memberikan pelayanan jasa servis kepada pelanggan. Harga yang diberikan sangat bersaing di pasaran. Di toko ini juga, pelanggan bisa berkonsultasi tentang masalah yang sedang mereka alami, pelanggan akan merasakan kenyamanan dalam pelayanan yang diberikan oleh karyawan Kendari IT Center.



Pembahasan Materi Mata Kuliah
2.2.1.   Rekayasa Web
              Rekayasa web adalah proses yang digunakan untuk menciptakan aplikasi web yang berkualitas tinggi. Rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Namun demikian adaptasi tidak secara utuh, tapi dengan perubahan dan penyesuaian. Rekayasa web gabungan antara web publishing (suatu konsep yang berasal dari printed publishing) dan aktifitas rekayasa perangkat lunak. Dikatakan demikian karena desain sebuah aplikasi web menekankan pada desain grafis, desain informasi, teori hypertext, desain sistem dan pemrograman.
Model yang dianggap cocok dan baik untuk rekayasa web adalah model modified waterfall dan spiral. Sedangkan untuk   tipe analisis dalam rekayasa web terdapat empat tipe, yaitu:
1.      Content Analysis. Isi yang akan disajikan oleh WebApp dalam ditentukan formatnya baik itu berupa text, grafik dan image, video, dan audio.
2.      Interaction Analysis. Cara interaksi antara user dan WebApp dijelaskan.
3.      Functional Analysis. Menentukan operasi yang akan diaplikasikan pada WebApp dan termasuk di dalamnya fungsi-fungsi yang melakukan proses. Semua operasi dan fungsi dideskripsikan secara detil.
4.      Configuration Analysis. Lingkungan dan infrastruktur dimana WebApp akan diberada digambarkan secara detil.





Pengujian pada Rekayasa web
1.      Check isi/informasi untuk kesalahan yang mungkin terjadi, misalnya salah ketik.
2.      design model WebApp di- review untuk menemukan navigation errors.
3.      processing components an Web pages diuji.
4.      Integration test untuk arsitektur web.
5.      Uji WebApp secara keseluruhan setelah disatukan semua komponennya secara lengkap.
6.      WebApp yang diimplementasikan pada konfigurasi yang berbeda diuji kompatibilitasnya.Misalnya jika membuat di IE, coba di Netscape, dan Firefox
7.      WebApp diuji oleh sekelompok pengguna dengan kemampuan yang berbeda.Bagian yang diuji adalah isi, navigation, kemudahan penggunaan, kehandalan dan unjuk kerja.
(Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS:2009)

2.2.2.   Keamanan Komputer

Pengertian tentang keamanan komputer ini beragam-ragam, sebagai contoh dapat kita lihat beberapa defenisi keamanan komputer menurut para ahlinya, antara lain:
Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa : Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna computer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.
Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya “Computer Security” menyatakan bahwa : Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer.
Beberapa hal yang menjadikan kejahatan komputer terus terjadi dan cenderung meningkat adalah sebagai berikut :
1.      Meningkatnya pengguna komputer dan internet
2.      Banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin ada disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain.
3.      Banyaknya software-software untuk melakukan probe dan penyusupan yang tersedia di Internet dan bisa di download secara gratis.
4.      Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet
5.      Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani, sementara SDM terbatas.
6.      Kurangnya huku yang mengatur kejahatan komputer.
7.      Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet.
8.      Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet.
9.      Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs).

Alasan mengapa diperlukannya mengamankan sistem komputer, antara lain :
1.      Menghindari resiko penyusupan, user harus memastikan bahwa system tidak kemasukaan penyusup yang bisa membaca, menulis dan menjalankan program-program yang bisa mengganggu atau menghancurkan system kita.
2.      Mengurangi resiko ancaman, hal ini biasa berlaku di institusi dan perusahaan swasta. Ada beberapa macam penyusup yang bisa menyerang system yang kita miliki, antara lain :
a.       Si Ingin Tahu, jenis penyusup ini pada dasarnya tertarik menemukan jenis system yang kita gunakan.
b.      Si Perusak, jenis penyusup ini ingin merusak system yang kita gunakan atau mengubah tampilan layar yang kita buat.
c.       Menyusup untuk popularitas, penyusup ini menggunakan system kita untuk mencapai popularitas dia sendiri, semakin tinggi system keamanan yang kita buat, semakin membuat dia penasaran. Jika dia berhasil masuk kesistem kita maka merupakan sarana bagi dia untuk mempromosikan diri.
d.      Si Pesaing, penyusup ini lebih tertarik pada data yang ada dalam system yang kita miliki, karena dia menganggap kita memiliki sesuatu yang dapat mengguntungkan dia secara finansial atau malah merugikan dia (penyusup).
3.      Melindungi system dari kerentanan, keretanan akan menjadikan system kita berpotensi untuk memberikan akses yang tidak diizinkan bagi orang lain yang tidak berhak.
4.      Melindungi system dari gangguan alam seperti petir dan lain-lainnya.
(Idrizon, M.Kom)

2.2.3.   Pemrograman Client-Server

Client  server  merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak (pihak klien dan pihak  Server). Dalam model client/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end.  Komponen klien dari aplikasi dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna.  Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server.
Dalam hal ini menggunakan My SQL sebagai database nya. Database adalah sebuah object yang kompleks untuk menyimpan informasi yang terstruksur, yang diorganisir dan disimpan dalam suatu cara yang mengijinkan pemakainya dapat mengambil informasi dengan cepat dan efisien. Sedangkan bahasa pemrograman menggunakan Visual Basic 6.0.

2.2.4.   Tugas Proyek

Tugas Proyek bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika tentang pembangunan software yang berhubungan secara langsung dengan perusahaan yang ada, bukan perusahaan fiktif yang nantinya tidak menambah pengalaman tentang pembangunan sistem bagi perusahaan sesungguhnya. Materi yang diambil dapat berupa Sistem Informasi untuk :
1.      Rekrutmen Karyawan
2.      Perubahan Status Karyawan / Pegawai (kenaikan pangkat, pensiun, mutasi, PHK)
3.      Penggajian
4.      Produksi
5.      Quality Control
6.      dll.
Pengerjaan yang dilakukan pada Tugas Proyek ini adalah :
1.      Pembuatan Bagan Alir Dokumen (BAD)
2.      Diagram Alir Dokumen
3.      Diagram Relasi Entiti (ERD)
4.      HIPO Chart
5.      Desain Layout Program Aplikasi
6.      Desain Layout Hasil Proses Aplikasi (laporan-laporan dan grafik apabila dibutuhkan)
2.2.5.   Metode Penelitian
Metode penelitian adalah suatu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada cirri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian tersebut dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indra manusia, sehingga orang lainpun dapat mengamatinya. Sistematis berarti proses yang dilakukan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu bersifat logis.
Ada pun tujuan dari dilakukannya penelitian adalah:
1.      Penemuan, berarti data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui
2.      Pembuktian, berarti data yang diperoleh digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
3.      Pengembangan, berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada.
Fungsi (kegunaan hasil) penelitian :
1.      Memahami berarti memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui dan selanjutnya menjadi fakta.
2.      Memecahkan berarti meminimalkan atau menghilangkan masalah.
3.      Mengantisipasi berarti mengupayakan agar masalah tidak terjadi.



Macam-macam data penelitian :
·         Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar.
·         Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan.
·         Data diskrit (data nominal) adalah data yang hanya dapat digolong-golongkan secara trepisah, secara diskrit atau kategori.
·         Data kontinum adalah data yang bervariasi menurut tingkatan dan diperoleh dari hasil pengukuran.
·         Ordinal adalah data yang berbentuk rangking atau peringkat.
·         Interval adalah data yang jaraknya sama tetapi tidam mempunyai nilai 0 (nol) mutlak.
·         Rasio adalah data yang jaraknya sama.
·         Variable adalah atribut seseorang atau objek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu objek dengan objek yang lain.
2.2.6.   Metode Perancangan Program
·         Data Flow Diagram (DFD)
            DFD merupakan salah satu komponen dalam serangkaian pembuatan perancangan sebuah sistem komputerisasi. DFD menggambarkan aliran data dari sumber pemberi data (input) ke penerima data (output). Aliran data itu perlu diketahui agar si pembuat sistem tahu persis kapan sebuah data harus disimpan, kapan harus ditanggapi (proses), dan kapan harus didistribusikan ke bagian lain. Komponen DFD dapat dilihat di bawah ini:
Levelisasi DFD:

a.       DFD digambarkan secara bertingkat, dari tingkat yang global berturut-turut hingga tingkat yang sangat detil. Tingkat yang global (umum) disebut dengan ‘Diagram Konteks’ atau ‘Context Diagram. Ini termasuk level 0
b.      Dari diagram konteks, prosesnya dijabarkan lebih rinci lagi di ‘Diagram Nol’ atau ‘Zero Diagram.’ Ini disebut level 1. Pada diagram nol ini yang berkembang hanya proses dan alur data yang menghubungkan proses-prosesnya, sedangkan jumlah terminator dan alur data yang masuk atau keluar dari terminator, tetap
c.       Bila, masih dirasakan perlu memerinci proses berikutnya, maka diagram selanjutnya disebut dengan ‘Diagram Detil’ atau ‘Diagram primitif.’ Ini disebut dengan level 2. Dalam diagram detil, yang digambar cukup proses (nomor berapa) yang perlu didetilkan saja, selain itu (proses lainnya, atau terminatornya) tidak perlu digambarkan.
d.       Bila masih dapat lebih didetilkan lagi, maka level 3, dan seterusnya bisa dibuat.

·         Entity Relational Diagram (ERD)
ERD atau Entity Relational Diagram adalah sebuah diagram yang mengambarkan suatu relasi dari suatu objek yang memiliki atribut. Dari ERD ini kemudian dapat menjadi suatu table dalam database. Adapun komponen ERD adalah sebagai berikut:
 

                                     
Relasi              objek/entitas                kardinalitas                 atribut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Terima kasih atas kunjungan Anda

Saya Bukan blogger sukses dan bukan ahli SEO.
Saya sedang meneliti dan mencoba berbagi tips, trik, dan cara tentang seo dan blog dan yang berhubungan dengan hal tersebut.
Jika ada kesalahan informasi dalam konten, mohon sampaikan agar secepatnya saya perbaiki.
Beberapa artikel mengenai makalah, laporan, pascal merupakan curhatan dari tugas kuliah saya dahulu.
Copyright 2014, Rezkyjoe. Designed By Seo Blogger Templates