18 Mar 2014

Cara SEO Mengoptimalkan Keyword di Blog : Harus diBaca

Cara Mengoptimalkan Keyword di Blog : Harus diBaca


Keyword (kata kunci) merupakan aspek penting dari SEO. Itulah mengapa para blogger sukses menyarankan untuk memulai blogging dari niche blog.

Niche blog memiliki kata kunci yang terfokus. Besar peluang untuk menduduki papan atas hasil pencarian di search engine. Sedangkan general blog (blog umum) memiliki kata kunci tidak terfokus.

Baca : Mengapa niche blog lebih baik daripada blog umum?


Kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara seo mengpotimalkan keyword di blog. Namun secara khusus, mengoptimalkan keyword di konten/artikel blog.

1. Gunakan Keyword di judul posting

Salah satu cara terbaik penggunaan keyword adalah pada judul posting. Mesin pencari selalu menampilkan judul posting dalam hasil pencariannya.


niche blog atau blog umum





Keyword yang diketikkan di search engine, di tampilkan bold/tebal dalam hasil pencariannya.
 Itulah mengapa perlunya kata kunci dalam judul postingan.

Sekali lagi, sertakan kata kunci anda dalam judul postingan.

2. Penggunaan keyword dalam postingan

Untuk penggunaan keyword dalam postingan, saya menemukan banyak blog-blog sukses yang menyarankannya.

Pehatikan kembali screenshot hasil pencarian diatas.

Setelah judul ditampilkan, lalu breadcrumb, lalu penulis, hasil pencarian juga menampilkan postingan .
Postingan yang ditampilkan kurang lebih 160 karakter, atau dua kalimat pertama.

So, sertakan kata kunci anda di dua kalimat pertama dalam posting anda.

Selanjutnya, sertakan satu kali kata kunci anda dalam isi postingan.

Dan terakhir, satu kali kata kunci di akhir postingan.

Jangan lebih dari itu, karena akan dianggap sebagai spam kata kunci oleh pembaca anda dan juga oleh google tentunya.

3. Gunakan tag Heading

Saya sering berselancar ke blog-blog sukses luar negeri. Dalam kerasnya persaingan blog berbahasa inggris, blog mereka mampu menempati ranking teratas dalam hasil pencarian. Saya melihat sesuatu yang unik disana.

Mereka memaksimalkan tag Heading dalam postingan mereka. Suatu hal yang langka saya temui di blog-blog indonesia.

Saya sudah mencoba menerapkannya pertama kali dalam konten saya Top secret : cara mendapatkan backlink do-follow berkualitas. 

4. Gunakan keyword di dalam atau sekitar link dalam postingan blog


Mungkin lebih tepatnya menggunakan kata kunci dalam artikel terkait. Juga dapat anda terapkan dalam trik internal link (inbound link).

Beberapa kasus saya temukan dalam blog-blog papan atas berbahasa inggris. Mereka tidak menggunakan lagi artikel terkait atau related post. Mereka membuatnya sendiri dalam konten.

Sehingga, bisa mengatur sendiri konten mana saja yang memiliki kata kunci yang berhubungan untuk di interlink-kan.

Trik ini juga sudah saya terapkan dalam postingan saya Top secret : cara mendapatkan backlink do-follow berkualitas. 

5. Gunakan kata kunci dalam alt image.


Mengenai keyword dalam alt image, silahkan baca selengkapnya dalam postingan Cara mengoptimalkan alt tag dan title tag di blog.

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Artikel pendukung :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Terima kasih atas kunjungan Anda

Saya Bukan blogger sukses dan bukan ahli SEO.
Saya sedang meneliti dan mencoba berbagi tips, trik, dan cara tentang seo dan blog dan yang berhubungan dengan hal tersebut.
Jika ada kesalahan informasi dalam konten, mohon sampaikan agar secepatnya saya perbaiki.
Beberapa artikel mengenai makalah, laporan, pascal merupakan curhatan dari tugas kuliah saya dahulu.
Copyright 2014, Rezkyjoe. Designed By Seo Blogger Templates